Breaking News

Abstract Noun ( Kata benda abstrak )

Abstract noun ( Kata benda abstrak )

abstract noun ( Kata benda abstrak )

Sebuah kata benda yang menunjukan pada suatu yang bersifat abstrak, yaitu yang tidak menunjukan pada sesuatu bersifat zat atau benda fisik.

Jenis – jenis umum dari bentuk kata benda abstrak adalah :

a.    Kata benda yang menunjukan pada kegiatan/peristiwa, tindakan atau pernyataan, seperti kedatangan ( arrival), undangan ( invitation ), harapan ( hope ), dsb

b.    Kata benda yang menunjukan pada suatu kualitas dari sesuatu, seperti kebahagiaan ( happiness), ukuran ( size), ketidak jelasan ( absurdity), dsb

c.    Kata benda yang menunjukan pada mental atau fenomena sudut pandang, seperti ide ( idea), musik ( music), pandangan/penglihatan ( vision ).

Kata benda abstrak kontras dengan kata benda bersifat bentuk, seperti jendela ( window ), pelajar ( student) dan uap ( steam), yang menunjukan pada pengenalan jumlah dan bentuk fisiknya. Seperti jenis Kata benda berwujud ( concrete noun ), kata benda abstrak dapat di hitung, tidak-bisa dihitung atau kedua-duanya. Misal, kedatangan (arrival ) adalah kata benda yang bisa dihitung ( bentuk jamak arrivals),  kebahagian adalah kata benda  yang tidak dapat hitung ( sebagai bentuk tidak lazim dari happineses ), dan kata Vision dapat menjadi keduanya ( Count dan Non-Count ): We need vision dan We need visions dan keduanya memungkinkan, tetapi dengan arti yang berbeda.

Banyak kata benda abstrak yang berasal dari kata kerja ( misal, kata arrive menjadi arrival, invite menjadi invitation), atau berasal dari kata sifat ( misal, kata  happy menjadi happiness, wide menjadi width). Untuk kata-kata yang berasal dari kata benda sendiri pada jenisnya yang dikenal melalui bentuk akhiran nya ( misal akhiran –ation, -ion, -ness, -ity, -ance, -ence,-hood, -ing,-al ). Bagaimanapun, beberapa tepatnya  memiliki bentuk yang sama sebagai sebuah kata kerja yang sama ( misal : hope, love,release, mention )



Tidak ada komentar